Selasa, 08 November 2011

Aplikasi Simulasi Sertifikasi Resmi


Kebanyakan profesional IT mengakui bahwa sertifikasi merupakan hal yang lebih penting daripada ijazah yang didapkan di bangku kuliah. Hal ini wajar mengingat ketatnya untuk mendapatkan suatu sertifikasi, karena memang seleksi dalam sertifikasi ini bukan hanya masalah kemampuan tapi masalah biaya juga. Banyak orang yang enggan atau ragu-ragu untuk mengambil sertifikasi karena tidak yakin akan kemampuannya dan khawatir hanya akan membuat biaya yang dikeluarkan hangus begitu saja.
Memang, bisa dikatakan, walaupun tidak lulus untuk ujian sertfikasi kita akan mendapatkan pengalaman yang berharga dalam hal sertifikasi namun alangkah mahal’a pengalaman tersebut jika dibandingkan dengan hasil yang didapatkan. Untuk itu, sebelum benar-benar mengikuti ujian sertifikasi, ada baiknya mempersiapkan diri dengan sebaik-baik’a dan mencoba melakukan simulasi kepada diri sendiri berdasarkan atas kurikulum materi yang disertifikasikan.

Untuk mempermudah dalam simulasi diri, sebenarnya ada satu aplikasi yang dapat digunakan yakni Aplikasi Visual CertExam Manager (silakan digoogle ). Aplikasi ini pada dasar’a sebagai interface dalam menjalankan soal-soal ujian sertifikasi yang telah dibuat menggunakan aplikasi Visual CertExam Designer. Penasaran? Tampilannya lebih kurang seperti berikut (ini versi lama): 


 
Penjelasan singkat aplikasi: (1) Di sebelah kiri terdapat list file ujian yang bisa kita lakukan; (2) Tombol start digunakan untuk menjalankan simulasi berdasarkan ujian yang kita pilih; (3) Tombol Add digunakan untuk menambah file simulasi yang digunakan. Ini merupakan file dengan ekstensi .vce yang banyak terdapat di internet; (4) Tombol Change  digunakan untuk merubah property dari ujian yang dipilih; (5) Tombol Remove  digunakan untuk menghapus file ujian yang ada; (6) Tombol Properties digunakan untuk melihat property dari ujian yang dipilih; dan (7) Tombol History digunakan untuk melihat ujian-ujian lalu yang telah dikerjakan.
Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar