Selasa, 08 November 2011

Menghapus folder con aux dan sejenisnya


Beberapa anti virus sekarang menerapkan proteksi tambahan untuk mencegah virus menyebar melalui flash drive. Hal ini dilakukan dengan cara menambahkan suatu folder tertentu yang diklaim tidak bisa diakses oleh kebanyakanvirus sehingga membuat penyebaran virus terhambat. Memang hal ini terbukti efektif, namun bagi beberapa pengguna, folder tersebut sangat mengganggu. Akan tetapi, ternyata folder tersebut tidak bisa dihapus dengan cara yang normal karena windows menganggap folder tersebut invalid atau tidak dapat diakses.
Langsung saja, bagi yang ingin menghapus folder tersebut, sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan alamat UNC-nya pada dos. Format UNC in mengikuti aturan \\server\volume\folder, sehingga jika kita akan mengakses folder pada alamat F:\con maka kita dapat mengaksesnya dengan alamat UNC \\.\F:\con.
Lebih lanjut, untuk menghapus folder tersebut, kita dapat menggunakan perintah dos standar, yakni rd, tentunya kali ini alamat folder yang akan dihapus dituliskan dalam bentuk UNC. Sehingga, jika akan menghapus folder F:\con di atas, perintah yang digunakan ialah sebagai berikut:
rd \\.\F:\con
Selamat mencoba. :D

0 komentar:

Posting Komentar